Google Adsense Tampil Kosong atau Public Service Ads (PSA)













Entah apa yang salah hari, tiba-tiba iklan Google Adsense yang dipasang pada blog seorang teman berubah menjadi iklan layanan masyarakat (public service ads / PSA). Segala macam cara sudah dilakukan agar iklan yang muncul bukan iklan PSA. Perlu diketahui bahwa iklan PSA adalah iklan layanan masyarakat yang dipasang oleh Google yang mana apabila diklik oleh pembaca situs atau blog tidak menghasilkan pemasukan bagi publisher atau si pemilik blog. 


Tentu saja hal tersebut merupakan 'bencana' tersendiri bila hasil klik yang kita dapat ternyata hanya 'pepesan kosong'. Sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu Adsense, bisa dilihat di warta ini. Sekarang permasalahannya, apakah gerangan yang terjadi? Mengapa iklan-iklan yang kita harapkan muncul dan menghasilkan uang bagi kita ternyata tidak menghasilkan apapun?



Setelah saya menjelajah dan mencari tahu sebab akibat munculnya iklan PSA dari para ahli Adsense, akhirnya saya menyimpulkan atau merangkum sejumlah titik masalah munculnya iklan PSA tersebut.


Setelah saya analisis kembali blog teman saya ini, akhirnya ditemukan sejumlah 'kesalahan' yang seharusnya tidak perlu dilakukan, yaitu ternyata blog teman saya adalah blog yang berbahasa Indonesia. Dalam aturan yang ditetapkan oleh Google, bahwa untuk blog atau situs Indonesia yang berkonten bahasa Indonesia belum bisa dipasangi iklan, hanya bisa dipasangi Adsense For Search (layanan search engine Google). Jadi wajar aja bila kita memaksakan diri memasang iklan di blog atau situs berbahasa Indonesia, yang muncul ya iklan PSA.
Karena berkonten bahasa Indonesia, maka arus trafik kunjungan ke blog atau situs tersebut berasal dari Indonesia. Tentu saja hal tersebut tidak diinginkan oleh Google yang notabene memiliki sejumlah pengiklan atau advertiser yang mayoritas menginginkan iklannya di-klik oleh pangsa pasar Amerika, Eropa, dan sejumlah negara Asia tertentu. Sampai saat ini, Indonesia masih belum bisa dipandang sebagai pangsa pasar iklan Adsense oleh Google. Selain itu angka click fraud yang tinggi (semacam kegiatan melakukan klik-klik yang dilarang oleh pihak Google, seperti melakukan klik berkali-kali pada saat yang berdekatan sehingga dapat menyebabkan keanggotaan AdSense seseorang bisa dicabut oleh Google) yang terjadi di Indonesia menjadi pertimbangan tersendiri mengapa iklan PSA-lah yang muncul.

Intinya, taatilah aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Google. Jangan pernah memasang iklan Adsense pada blog atau situs yang berbahasa Indonesia. 




sumber : www.borneo.web.id


0 comments:

Post a Comment